Passion

Everybody has their own passion.
No one can't have their passions be forced.

Saya terkenang dengan tulisan Trinity yang ia adopsi dari dosennya:
"Passion adalah sesuatu yang tidak akan membuatmu bosan. Bahkan kau akan merasa bergairah karenanya. Follow your passion, and success will follow you."

Sebelum kalimat itu, Trinity juga sempat berkata,"selama ini saya pikir passion saya adalah menjadi marketing, namun kenyataannya saya masih malas bangun untuk ke kantor!" Ya tidak persis sih, tapi begitulah kira-kira.
JEDERR.
Itukah passion? Hal yang sama sekali tidak membuat kita malas, bahkan sekali pun?

Teringat lagi teman saya. Perempuan kuat. Hampir setiap hari sepulang kuliah atau liburan, ia menyempatkan diri untuk pergi ke berbagai tempat. Wisata budaya, sastrawan, atau mengajar. Ia pergi naik bis umum sampai malam baru pulang. Sering malah ia menjalaninya sendirian!
Saat itu saya tanya, tidak capekkah? Karena bagi saya kuliah saja sudah berat.
Tentu jawabannya, tidak. Dia menjawabnya dengan berseri-seri, sambil bersemangat menceritakan pengalamannya bertemu sastrawan atau budayawan yang sudah jompo. Sama sekali tidak ada rasa malas atau capek, katanya.

Ya ampun, itukah yang dinamakan passion? 
Sungguh beruntung teman saya itu yang telah menemukannya.
Padahal dia satu jurusan dengan saya, desain, namun passionnya malah berkisar di bidang kemanusiaan. So far!

Banyak dari kita yang bekerja hanya untuk mencari uang. Mencari kesuksesan. Dan setelah sukses, kita pikir kita akan bahagia. Namun, lihatlah cerita teman saya tadi. Bekerja kemanusiaan tanpa uang sepeser pun didapat, namun tetap semangat menjalani. Sedangkan orang yang mencari sukses, malah banyak yang masih malas berangkat ke kantor, mengeluh gaji kecil, bos galak, dan lain-lain.
Bukankah kalau itu passion, tidak akan terjadi hal seperti itu?

Follow your passion, and success will follow you.

Saya juga termasuk dalam perjalanan mencari passion sejati. Tidak gampang, bahkan sangat sulit. Kadang yang kita anggap passion hidup, ternyata itu bukanlah yang sejati, yang kita cari selama ini. Jadi milik saya pun masih samar-samar. 
Prinsip saya, nikmati saja hidup ini. Saya yakin, setiap orang pasti punya passion hidupnya, dan sejalannya waktu saya akan tahu pasti apa itu :)


0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream



Twitter Updates

Meet The Author